KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PARA ORANG TUA TENTANG MAKANAN



KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PARA ORANG TUA TENTANG MAKANAN
1.      Melarang anak masuk dapur
Dengan alasan  ada kompor, api, mendidih, atau peralatan dapur yang berbahaya, orang tua selalu melarang anak masuk dapur saat mereka memasak. Padahal dengan mengajak anak memasak makanan, anak lebih mudah diperkenalkan dengan makanan yang baru.
2.      Memaksa anak mencicipi makanan
Anak-anak yang dipaksa makan makanan tertentu hanya akan makan sekali saja dan tidak akan menyukai makanan tersebut. Yang baik, biarkan makanan diatas meja, ajak anak untuk mencicipi, jangan memaksa dan memuji, bersikaplah netral.
3.      Menyembunyikan makanan
Anak-anak makin dilarang justru makin menginginkan makanan tersebut, sebaiknya jangan membawa dan membeli makanan yang tidak baik untuk anak-anak ke dalam rumah. Belilah makanan yang sehat dan yang ingin anak makan lebih banyak.
4.      Memberi contoh kepada anak-anak
Orang tua yang tidak suka sayur akan ditiru oleh anak-anaknya. Anak akan cenderung mengikuti pola makanan dan memilih makanan yang sesuai dengan yang dikonsumsi orang tuanya.
5.      Menyajikan sayuran yang membosankan
Bagaimana anak-anak bisa suka sayur kalau yang disajikan hanya sayur rebus dan sayur bening saja. Orang tua harus kreatif mengolah sayuran menjadi makanan yang enak dan menarik.
6.      Cepat menyerah
Orang tua sering mengatakan anak saya ngak bakal makanan itu, orang tua lupa bahwa anak akan tumbuh dan berkembang sehingga kesukaan akan makanan juga akan berubah.

Sumber:
 Siswanto igrea. 2012. Panduan bagi guru dan orang tua pembelajaran atraktif dan 100 permainan kreatif untuk PAUD. Yogyakarta. C.V Andi Offset

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

MASALAH PERKEMBANGAN ANAK-ANAK