Tahap Perkembangan Kemampuan Berbicara dan Berbahasa



Tahap Perkembangan Kemampuan Berbicara dan Berbahasa

0 Minggu – 8 Minggu
Tindakan yang dapat Dilakukan Orang Tua
1.      Orang tua menstimulasi anak dengan cara mengajaknya bercakap-cakap dan menunjukkan sikap yang mendorong munculnya respon dari si anak.
2.      Berkomunikasi dengan dihiasi oleh senyum, pelukan dan perhatian.
3.      Tunjukakan kasih sayang melalui peluk dan cium dan kehangatan melalui intonasi suara.
4.      Dalam Berkomunikasi dengan anak lakukan kontak mata secara intensif karena dari pandangan mata tersebutlah anak bisa merasakan perhatian, kasih sayang, cinta dan pengertian.
5.      Jika anak mengangi jangan didiamkan saja. Yang harusnya dilakukan adalah memberinya perhatian seperti yang dibutuhkannya saat menangis.

8 Minggu – 24 Minggu
Tindakan yang dapat Dilakukan Orang Tua
1.      Latih anak dengan permainan maupun dengan makanan.
2.      Sering nyanyikan lagu untuk anak dengan lagu-lagu anak-anak yang sederhana dan lucu, secara berulang dengan penekanan pada ritme dan pengucapannya.
3.      Sering bercanda dengan anak, tertawa, membuat suara-suara dengan ekspresi lucu agar kemampuan komunikasi dan interaksinya meningkat dan mendorong tumbuhnya kemmapuan bahasa dan bicara.
4.      Setiap bayi yang baru lahir, belajar melalui pembiasaan ataupun pengulangan suatu pola, kegiatan, nama atau peristiwa. Orang tua bisa mengenalkan kata-kata yang bermakna pada anak pada saat melakukan aktivitas rutin.

28 Minggu – 1 Tahun
Tindakan yang dapat Dilakukan Orang Tua
1.      Orang tua harus menjadi model yang baik untuk anak. Ucapkan kata-kata dan kalimat secara perlahan , jelas dengan disertai tindakan (agar anak tahu artinya atau korelasinya antara kata yang diucpakan dengan tindkan kongkritnya), dan gunakan bahasa tubuh dan ekspresi wajah.
2.      Anak akan belajar bicara dengan bahasa yang tidak jelas. Inilah waktunya untuk saling memahami keinginan dan maksud berdua. Jadikanlah kegiatan ini sebagai salah satu bentuk permainan yang menyenangkan agar anak tidak patas semangat untuk terus mencoba mengucapkan secara pas dan jelas.
3.      Ikuti gumaman anak, namun orang tua juga perlu mengucapkan secara benar.
4.      Jika mengucapkan sebuah kata, sertai dengan penjelasan artinya.

1 Tahun – 18 Bulan
Tindakan yang dapat Dilakukan Orang Tua
1.      Semakin mengenalkan anak dengan berbagai macam suara, bunyi. Kenalkan pula pada suara-suara yang sering didengarnya sehari-hari.
2.      Sering bacakan buku-buku yang sangat sederhana namun sarat dengan cerita yang menarik untuk  anak dan gambar serta warna yang “eye catching”.
3.      Jika sedang bersama anak, sebutkan nama-nama benda, warna dan bentuk Pada setiap obyek yang dilihatnya.
4.      Orang tua mulai bisa mengenalkan angka dengan kegiatan seperti menghitung benda-benda sederhana yang sedang dibuat permainan.

18 Bulan – 2 Tahun
Tindakan yang dapat Dilakukan Orang Tua
1.      Kenalkan anak pada perbendaharaan kata yang menerangkan sifat atau kualitas. Seperti “baik, indah, cantik, dingin, dsb.
2.      Mulai mengenalkan pada anak kat-kata yang menerangkan keadaan atau peristiwa yang terjadi : sekarang, besok, dsb.
3.      Kenalkan anak kata-kata yang menunjukkan tempat : diatas, dibawah, di samping, orang tua bisa melakukannya dengan menggunakan contoh gerakan.
4.      Jangan menyetarakan perkembangan anak dengan anak-anak lainnya karena tiap anak mempunyai dan mengalami hambatan yang berbeda-beda.


2 Tahun – 3 Tahun
Tindakann yang dapat Dilakukan Orang Tua
1.      Pada usia ini anak lebih senang bercakap-cakap dengan anak-anak seusianya dari pada dengan orang dewasa. oleh karena itu orang tua harus banyak mengenalkan anak dengan anak-anak seusianya dan dilibatkan pada lingkungan sosial yang bisa menfasilitasi kemampuan sosial dan berkomunikasinya.
2.      Orang tua harus sering menceritakan cerita menarik pada anak, karena cerita merupak media atau sarana untuk mengekspresikan emosi.
3.      Ceritakan pada anak cerita yang lebih kompleks dan kenalkan beberapa kata-kata baru sambil menerangkan artinya.

3 Tahun – 4 Tahun
Tindakan yang dapat Dilakukan Orang Tua
1.      Hindari sikap mengkoreksi kesalahan pengucapan kata anak secara langsung, karena akan membuat anak malu dan malah bisa mematahkan semangat anak untuk belajar dan berusaha.
2.      Pada usia ini, seorang anak sudah mulai bisa mengerti penjelasan sederhana. Oleh karena itu orang tua bisa mulai mencoba untuk mengajak anak mendiskusikan soal-soal yang sangat sederhana.
3.      Mulailah mengeluarkan kalimat yang panjang dan kompleks. Agar anak mulai belajar meningkatkan kemampuannya dalam memahami kalimat.
4.      Anak-anak sangat menyukai kegiatan berbisik karena hal itu permainan mengasyikan buat mereka sebagai salah satu cara mengekspresikan perasaan, dan keingintahuan.
5.      Pakailah cerita-cerita dongeng dan fabel yang sebenarnya mencerminkan dunia anak dan memakainya sebagai suatu cara untuk mengajarkan banyak hal tanpa menyinggung perasaannya.

DAFTAR PUSTAKA
Wiyono & obey angga nursyahid. 2013. Rahasia mendidik ank cerdas. Jakarta. Tugu publisher.

Komentar

  1. In this manner my buddy Wesley Virgin's adventure starts with this SHOCKING and controversial VIDEO.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he found hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get everything they want.

    These are the same secrets lots of celebrities (especially those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and successful.

    You probably know that you use less than 10% of your brain.

    That's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

    Perhaps that expression has even taken place INSIDE your very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind seven years back, while driving a non-registered, garbage bucket of a vehicle without a driver's license and with $3.20 in his pocket.

    "I'm absolutely fed up with living payroll to payroll! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those types of questions, isn't it right?

    Your success story is going to be written. All you have to do is in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

MASALAH PERKEMBANGAN ANAK-ANAK